Praktikum Membuat Blog yang Mudah dan Praktis

Friday, December 31, 2021

PRAKTIKUM 03-MANAJEMEN PRESENTASI DOKUMEN DENGAN POWERPOINT

 

PELAKSANAAN PRAKTIKUM

MANAJEMEN PRESENTASI DOKUMEN DENGAN POWERPOINT

Tujuan :

1.  Mahasiswa diharapkan memahami konsep, cara penggunaan Microsoft PowerPoint, serta berbagai gabungan media sosial.

Materi :

1.   Lembar Kerja PowerPoint.

2.   Memulai Presentasi Baru

3.   Desain Tema Slide

4.   Dasar Slide

5.   Dasar Tulisan dan Paragraf

6.   Memasukkan Tabel pada Slide

3.1.  Lembar Kerja PowerPoint

Microsoft PowerPoint telah berevolusi menjadi alat yang sangat canggih untuk membuar presentasi yang menarik dan mengeliminasi kebutuhan akan piranti lunak lainnya. Semua lembar kerja pada Microsoft Office sudah dirancang untuk memiliki kemiripan sehingga membuat pengguna dapat mengenal lembar kerja dan cepat beradaptasi. Gaya dari ribbon dan menu sekilas mirip tetapi menunjukkan fungsi yang berbeda seperti yang dibahas di bawah.


Name

Description

Slides/Outline Pane

Panel ini berfungsi sebagai pratinjau untuk semua slide atau sebagai cara cepat untuk berpindah ke slide yang diinginkan tanpa perlu membuka tiap slide. Lebar dari panel dapat disesuaikan dengan menggunakan mouse.

Notes Pane

Pada panel ini anda dapat menulis catatan untuk slide tersebut.

Slide Pane

Tempat dimana anda dapat memainkan atau mengerjakan pada slide

yang sesungguhnya.

Theme Name

Nama dari slide yang digunakan.

Language

Mengidentifikasi bahasa dan kamus yang digunakan.

Normal View

Membuka Panel Slide/Outline, Panel Note dan Panel Slide seperti di atas.

Slide Sorter

View

Hanya menunjukkan slide. Digunakan untuk menyortir dan mengurutkan slide.

Slide Show

Digunakan untuk mempresentasikan slide.

Fit Slide to

Window

Klik tombol ini untuk menyesuaikan slide ke ukuran jendela.

 

3.2.  The Ribbon

Perintah dan fungsi yang tersedia pada ribbon dikelompokkan pada tab-tab berikut. Seperti yang dapat anda lihat PowerPoint 2016 dan PowerPoint 2007 sangat mirip kecuali file tab.

Name

Description

Home

Tab ini berisi perinta clipboard standard, formatting, style command, insert, delete, ditambah beberapa fungsi dari perintah memmbenahi slide.


Insert

Tab ini berisi perintah untuk memasukkan sesuatu ke slide seperti shapes, pictures,

smart-art, bagan, dal lain-lain.

Design

Tab ini berisi perintah untuk mengganti tema slide, tema, desain, warna, dan layout.

Transitions

Tab ini berfungsi untuk mengganti transisi slide dengan efek audio visual.

Animations

Tab ini berisi fungsi animasi objek dalam slide.

Review

Area ini bergokus pada mengganti fungsi seperti spelling, thesaurus, comments,

dan protection.

View

Menyimpan perintah untuk mengontrol tampilan dari slides.

 

3.3.  Memulai Presentasi Baru

Biasanya ketika anda membuka aplikasi PowerPoint, sebuah presentasi kosong secara otomatis akan dibuat untuk anda, Jika anda ingin membuka presentasi baru atau menggunakan contoh yang ada anda dapat menyelesaikan langkah-langkah berikut:

1.   Klik pada Tab File pada pojok kiri atas.

2.   Lalu pilih tombol New di bawah.

3.   Anda akan diberikan opsi untuk memilih menggunakan presentasi kosong, contoh, atau sampel contoh.

4.   Setelah anda mendapatkan pilihan anda PowerPoint akan membuka presentasi sesuai pilihan anda.


3.4.  Desain Tema Slide Anda

PowerPoint memberikan kemampuan untuk merancang sendiri tema slide. Dengan beberapa menit anda dapat merancang presentasi professional anda dengan alat yang tersedia. Untuk memulai kita harus bekerja dalam ruang kerja slide master. Ruang ini menampilkan rancangna dari apa yang akan kita buat. Lengkapi langkah-langkah berikut untuk membuka slide master:

1.     Klik pada View tab.

2.     Klik pada perintah Slide Master. Hal ini akan membuka ruang kerja slide master.


Sebelum kita membuat slide tema, kita perlu mengerti beberapa aturan, setiap tema dibuat dari rangkaian slide layout. Dimulai dengan Master Slide, Title Slie, Rirle dan Content, Section Header, Two Conten dan masih banyak lagi. Jika anda ingin membuat perubahan pada Master Slide, semua slide akan terkena dampaknya. Biasanya sebuah tema sederhana dibuat dengan memodifikasi Slide Master dan Slide Title. Anda juga dapat layout yang sama dengan gaya yang berbeda atau dengan modifikasi. Setiap tema memiliki kelompok warna yang biasanya digunakan. Anda dapat memilih rangkaian warna dari tema warna atau membuat sendiri.

Latar belakang dari slide dapat diganti menggunakan contoh atau dapat anda buat sendiri. Sekarang jika anda ingin memodifikasi Slide Master, semua slide akan mendapatkan latar belakang yang sama. Jika anda ingin menggunakan beberapa latar belakang anda dapat meninggalkan Slide Master dan pilih layout yang ingin dimodifikasi. Jika anda ingin mendapatkan semua slide mirip kecuali Slide Title, anda dapat membuat latar belakang secata manual dan letakkan pada Slide Title. Jika anda memilki kebutuhan khusus, anda dapat mengganti ukuran dari Slide/presentasi. Tapi pada keaadaan normal anda tidak perlu memodifikasi ini. Jika anda merasa bahaw layout slide tidak cocok untuk presentasi anda, anda dapat membuat atau memodifikasi layout slide.

Mari kita buat presentasi kita untuk Performa Produk Tahunan untuk Action Pty Ltd. Untuk memulai, mari kita buat tema standard pada Master Slide:

1.   Pilih Master Slide pada panel Slide.Karena tim manajemen suka dengan presentasi yang bagus masukkan rancangan spesifik dari file kita. Klik Tab Insert dan pilih Picture, Pilih gambar yang diinginkan, lalu klik insert.

2.   Klik kanan pada gambar. Lalu pilih perintah Send to Back. Jal ini akan mengirim gambar ke belakang dari semuanya.


3.   Karena Action Pty Ltd menggunakan merah pada material mereka mari modifikasi warnda dan latar belakang dari gambar. Pilih gambar lalu Format Tab. Lalu perintah Color. Hal ini akan membuka Colot Gallery. Pilih salah satu dari warna merah.

4.   Mari kita ganti ukuran gambar kita. Pilih gambar. Pada bagian bawah gambar aka nada kotak. Letakkan kursor ke kotak tersebut. Hal ini akan mengubah kursor menjadi anak panah atas- bawah. Klik dan tahan tombol mouse kiri. Geser mouse hingga gambar hanya melingkupi pembatas judul.

5.   Seperti yang dapat anda lihat bahwa judul sulit untuk dibaca. Mari kita rubah judul menggunakan perintah WordArt. Pilih kotak judul. Lalu klik tab Format. Klik pada anak panah ke bawah Word Art. Hal ini akan membuka galeri Word Art. Pilih tema sesuai dengan gambar di kanan.

6.   Mari kita selesaikan tema dengan meletakkan footer sederhana. Untuk tetap mebuat bersih mari kita letakkan garis sederhana. Klik pada tab Insert. Pilih garis. Letakkan mose di pojok kiri bawah. Klik kiri dan geser ke kanan. Hal ini akan membuat sebuah garis. Lalu pilih tab Format. Klik Shape Outline. Hal ini akan membuka sub menu.Untuk mengganti warna dengan kita hanya perlu memilih warna yang kita ingini. Pilih Dark Red. Pada menu yang sama mari kita tingkatkan ketebalan dari garis menjadi 6pt. Rubah garis menjadi round ends menggunakan perintah Arrow.


 

7.   Untuk melengkapi ini mari kita buat logo sederhana. Untuk memulai kita perlu dua lingkaran. Klik Tab Insert. Pilih Circle. Gambarlah lingkaran oblong. Lalu gantilah warnanya. Klik Tab Format. Klik Shape Fill. Pilih Dark Blue. Lalu klik Shape Outline. Pilih No Outline.

8.   Putar sedikit lingkaran tersebut. Lalu pilih lingkaran dan klik kanan.Pilih Copy. Lalu klik kiri di sembarang tempat dan klik Paste. Pilih lingkaran baru. Ganti warna menjadi Putih. Lalu pada pojok kanan atas, klik dan geser lingkaran untuk mengurangi ukurannya. Pindahkan sehingga lingkaran baru menutupi lingkaran lama pada satu sisi.

9.  









Sekarang klik tab Insert. Pilih Text Box. Klik sisi mana pun pada slide. Ketik ACTION. Letakkan text box di dalam dua lingkaran. Pilih Tab Home. Lalu pilih lingkaran text box. Ganti font menjadi Arial Black. Ganti warna menjadi dark red.

 

10.    Pilih kedua lingkaran dan text bok. Klik kanan. Pilih Group lalu group lagi. Dengan ini semua obejek akan tergabung dalam satu grup. Pindahkan ke pojok kanan bawah pada slide.. Pindahkan place holder ke kiri. Place holder memuat page number secara standard.

11.    Karena kita maengininkan slide judul yang menarik perhatian mari kita modifikasi hal itu. Pilih Slide judul pada panel slide.

12.    Klik pada Tab Insert. Pilih Picture. Masukkan P1.jpg.

13.    Posisikan gambar sehingga gambar tersebut berada di bawah heading. Ubah ukuran gambar dengan menggeser bagian pojoknya. Ingat bahwa bagian pojok adalah untuk skala dan kotak atas-bawah/kiri-kanan untuk mengubah bentuk.


 

14.    Pindahkan Kotak Judul ke atas sehingga berada pada bagian heading. Lalu renggangkan kotak sub- judul sehingga sama panjangnya dengan slide. Gunakan kotak kiri dan kanan untuk hal ini.

15.    Sekarang kita perlu untuk membuat sub judul tampak. Pilih kotak sub judul. Klik pada tab Format. Pilih Shape Fill, sebuah galeri akan terbuka pada jendela baru. Lalu pilih choose more colour. Pilih White dan set transparansi menjadi 30%.


16.    Setelah kita menyelesaikan tema sederhana kita. Pilih Tab Slide Master. Dan pilih Close Master View. Jika anda menyukai tema ini dan anda kan sering menggunakannya anda perlu menyimpan tema desain. Untuk melakukan ini pilih Tab Design. Klik pada drop box dari galeri. Lalu pilih Save Current Theme. Namai Action.

3.5.  Slide Basics

Semua presentasi akan memiliki slide judul untuk mengidentifikasi tentang apakah presentasi tersebut. Untuk memulai mari kita buat Slide Judul:

1.   Pilih Title Slide pada Slide Pane.

2.  




Klik pada kotak Judul. Ketikkan “Annual Product Report”. Lalu klik kotak Subtitle dan ketikkan “Anindebt Performance Review and Analysis”.

 

 Untuk membuat slide professional kita memerlukan rencana sebelum mulai untuk membuat presentasi. Kita dapat menggunakan panel outline untuk membantu rencana kita secara cepat. Semua presentasi harus memiliki pembuka, poin focus, dan kesimpulan. Mari kita buat dengan membuat struktur dasar:

1.   Klik pada tab Outline pada slide/panel outline. Hal ini akan membuka outline.


2.   Sebelum kita memulai anda harus tahu bahwa judul dari setiap slide akan direpresentasikan dengan tulisan tebal dan isinya direpresentasikan pada text normal. Setiap slide juga direresentasikan dengan ikon slide. Sekarang mari mulai membuat struktur untuk bekerja.

3.   Klik Ctrl dan Enter bersama. Ini akan membuat slide baru. Lalu klik Agenda. Untuk membuat slide baru takan enter.

4.   Ketik”Product Overview”. Lanjutkan dan tambahka slide seperti yang ditunjukkan di bawah.

5.   Ketika anda sudah klik tab Slide pada panel, dapat dilihat bahwa PowerPoint sudah memasukkan slide yang sesuai.

3.6.   Dasar Font & Paragraf

PowerPoint menyediakan banyak alat dan perintah untuk memanipulasi font. Jumlah dari kombinasi dan desain akan menentukan kemampuan kreativitas anda. Mari jelajahi beberapa cara dimana dapat kreatif menggunakan fonts:

1.   Pilih Slide Product Overview. Pada isi, ketik “Office 2010”. Untuk bergerak ke bawah ke baris berikutnya tekan enter.


Umumnya presentasi penggunakan format tier point paragraph. Di mana poin-poin penting adalah yang paling besar dan sub poin adalah yang lebih kecil dan condong ke kanan.Dalam praktik sangat bagus jika poin penting hanya 3 atau 5 pada setiap slide. Semakin banyak poin yang anda punya, semakin sulit juga penonton anda untuk fokus pada apa yang anda ingin sampaikan.

2.   Untuk mengubah garis menjadi sub poin, tekan tombol Tab, masukkan semua sub pon yang anda ilustrasikan pada gambar di atas. Jika anda tidak sengaja menekan tombol tab atau ingin membuat sub poin menjadi poin penting anda dapat tekan shift dan tab secara bersama-sama. Anda juga dapat melakukan hal ini dengan menekan tombol decrease atau increase level pada Home Tab.

3.   Mari tandai Office 2010 dengan mengganti font. Anda dapat menggunakan desain yang sudah ada atau membuatnya sendiri dengan menggunakan alat. Untuk membuat anda memahami fungsi yang ada pada ribbon yang perlu anda lakukan adalah meletkkan pointer mouse ke atas fungsi tersebut. Hal ini akan membuka pop-up yang akan menjelaskan fungsi dalam sekilas. Tetapi jika nada masih bingung anda dapat menggunakan help untuk penjelasan yang lebih detail.

4.   Pilih text Office 2010. Lalu naikkan fontsize menjadi 40pt. Hal ini juga dapat anda lakukan dengan menekan tombol  atau dengan mengetik pada kotak text di sebelahnya.

5.   Untuk kapitalisasi dari kata Office, pilih text nya. Lalu klik

6.   Pilih Uppercase. Seperti yang anda sadari jika anda menggerakan mouse ke gaya yang berbeda maka PowerPoint akan memberikan gambaran bagaimana tampilannya akan jadi sebelum anda ganti.

7.   Sekarang saya ingin mengubah tipe tulisan. Pada tab Home anda dapat melihat nama dari font yang sedang digunakan. Font standard adalah Calibri. Klik pada anak panah ke bawah dan pilih Arial Black. Hal ini akan membuat font menjadi lebih besar dan mengubah bentuknya.

8.   Mari kita longgarkan font sehingga tidak kelihatan ketat. Klik pada  Pilih Loose. Jika anda tidak dapat menemukan apa yang anda perlukan, anda bisa mengatur secara manual dengan memilih fungsi more spacing. Hal ini akan membuka jendela dan anda bisa secara manual mengatur detailnya.


9.   Sekarang mari kita menjadi lebih kreatif menggunakan alat yang lebih canggh. Alat ini berada di bawah tab Format. Pilih kata-kata dan klik pada tab Format.

10. Anda dapat memilih untuk desain yang sudah ada pada galeri atau menggunakan fungsi yang tepat. Karena warna dari Office oranye mari kita ganta ganti menjadi oranye. Pilih text tersebut lalu klik Text fill. Pilih warna oranye.

11. Text dapat diatur sedemikian rupa menggunakan perintah Text Effects. Perintah ini akan memberian enam kategori efek yang berbeda.


12. Pilih text. Klik pada Tab Format. Pilih Text Effects dan klik Reflecion.

13. Selanjutnya pilih Text Effect lagi. Lalu pilih Bevel. Dan pilih Angel.

14. Poin dapat diganti menjadi angka (atau simbol lain) atau menghapusnya. Untuk menghapusnya tekan . Hal ini akan menghapusnya. Untuk menambah klik cukup klik lagi.

3.7.  Memasukkan tabel pada Slide

Tabel digunakan untuk menampilkan catatan data atau data yang mudah untak dibaca. Tabel dapat dibuat dari gabungan garis dan klom. Anda dapat membuat tabel langsung menggunakan PowerPoint atau anda dapat menyalin bagian dari Excel dan tempel ke slide sebagai tabel.

1.   Pilih Slide Agenda. Pada Tab Insert, pilih Table. Hal ini akan membuka sebuah galeri.

2.   Pilih jumlah kolom dan baris yang anda inginkan dengan menggerakan kursor mouse. Klik tombol mouse kiri untuk melengkapi. Pilih 2 kolom dan 4 baris. Hal ini akan memaskkan tabel pada slide secara otomatis. Ketika tabel terpilih sebuah tab Design and Layout akan muncul untuk tabel.

3.   Jika anda ingin mengganti properti dari tabel. Anda dapat membuka Table Style Gallery dan memilih gaya yang sesuai. Jika tidak, dapat digunakan fungsi sesuai untuk memodifikasi tabel.


Pada sisi kiri tab ini ada beberapa fungsi khusus yang membantu untuk merancang tabel anda. Opsi yang tersedia selalu membantu anda untuk membedakan baris specific dan baris Normal. Jika baris header di tandai, maka baris paling atas tabel akan berubah warna dan format. Total row merujuk pada baris paling bawh. Banded Row berarti bahwa pada setiap baris akan diberikan warna berbeda untuk memperumdah anda membaca tabel. First & Last column mengubah format dan gaya pada kolom pertama dan terakhir.

Tab Layout digunakan untuk memodifikasi fisik dari tabel seperti menabah atau menghapus baris dan kolom, mengubah tinggi dan lebar, arah tulisan, dan masih banyak lagi.

3.8.  Menyajikan Gambar, SmartArt, dan Bagan

Pada pelajaran kali ini anda akan belajar mengenai hal berikut:

1.   Menambahkan Gambar pada Presentasi.

2.   Manipulasi Gambar.

3.   Mendapatkan Perhatian dengan SmartArt.

4.   Menunjukkan Angka dengan Bagan


3.9.  Menambahkan gambar pada Presentasi

Untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik, dapat ditambahkan gambar. PowerPoint memiliki kumpulan alat untuk memodifikasi gambar tanpa memerlukan piranti lunak lainnya. Ketika berkerja menggunakan gambar dan media lainnya, selalu memeriksa dimana file tersebut berada sebelum mulai bekerja dengan slides. Anda juga bisa mendapat material yang berbeda dari internet. Tapi berhati-hatilah untuk memeriksa status hak ciptanya. Mari tambahkan gambar pada presentasi kita;

1.   Pilihlah Product Overview Slide.

2.   Pilih Insert tab, Lalu pilih Picture. Sebuah jendela akan terbuka. Carilah Office.png dan klik Insert. Ubah ukuran gambar da letakkan pada pojkok kanan bawah.

3.   Gambar pada kotak kelihatan kurang terang dan susah untuk dilihat. Mari kita gelapkan gambar tersebut. Klik pada tab Format. Pilih Color. Hal ini akan membuka galeri. Pilih pengaturan yang paling cocok. Jika anda menemukan pengaturan yang disukai, buatlah penyesuaian secara manual menggunakan Picture Color Option.


4.   Pada PowerPoint 2016, untuk membuat perubahan keterangan, kejelasan atau warna dapat ditemukan fungsi tersebut pada tab Format dan dikelompokkan di bawah “Corrections”. Anda dapat menemukannya seringkali perbedaan utama antara kedua versi adalah representasi gambaran.

3.10.   Memanipulasi gambar

Gambar di atas mengilustrasikan tab Format dimana anda akan disediakan alat yang diperlukan dan perintah untuk memanipulasi gambar. Bagian Adjust berfokus untuk memanipulasi gambar sedangkan Picture Styles berfokus pda efek untuk pemasangan atau penyajian gambar. Bagian Arrange membuat kita dapat meletakkan atau menggerakan gambar di dalam slide kita. Satu dari fungsi yang paling sering digunakan adalah fungsi Crop.. Fungsi ini membuat anda dapat menghapus area dari gambar yang tidak anda inginkan. Pada presentasi kita, Sample.pptx. Mari kita buat slide baru untuk Team dan mari gunakan alat- alat yang sudah disebutkan di atas.

1.       Pilih Slide Product Oberview. Pada tab Home, klik New Slide. Hal ini akan membuat slide baru berdasarkan layout slide terakhhir. Jika anda ingin menambah slide lain dengan layout yang berbeda. Anda dapat klik anak panah ke bawah dan pilih layout yang diinginkan.

2.       Ketik “The Team” pada kotak judul.

3.       Pilih Tab Insert. Pilih Picture. Cari dan pilih file bernama team.jpg, dan klik Insert. Hal ini akan memasukkan file ke dalam slide.


4.       Karena kita hanya memerlukan wanita berbaju merah kita perlu menghapus semua latar belakang lainnya. Plih tab Format. Pilih Remove Background. Sebagain porsi yang tidak ungu- lah yang menjadi gambar final. Ada juga penahan kotak pada gambar. Gerakkan dan ganti ukuran kotak hingga hanya menunjukkan si perempuan. Jangan takut jika ada latar belakang yang ikut. Setelah anda memilih Remove Background sebah tab baru akan muncul dan menu lainnya akan dimodifikasi. Menu yang tersedia akan membantu anda dalam proses manipulasi. Karena gambar kita relatif bagus anda tidak perlu melakukan koreksi manual.

5.       Mari asumsikan untuk keperluan belajar anda memerlukan wanita berbaju merah. Pertama-tama anda harus mengganti ukuran kotak hingga memasukkan si wanita. Setelah itu anda dapat menambah secara manual apa yang ingin anda tambahkan. Klik Mark Areas to Keep. Hal ini akan memberikan anda alat untuk memilih apa yang ingin anda tambahkan. Mulai dengan klik baju, badan, tangan dan kepala. Ketika anda memilih area tertentu, sebuah tanda positif akan muncul dan warna gambar akan kembali seperti semula. Ketika sudah selesai klik saja Keep Changes. Jika anda ingin menghapus bagian dari gambar anda dapat melakukannya dengan memilih Mark Areas to Remove. Jika anda salah menaruh tanda anda dapat mengahapusnya menggunakan Delete Mark. Anda dapat kembali kapan pun untuk membuat perubahan, untuk melakukannya, pilih gambar tersebut lalu Remove Background pada tab Format.

6.       Pada PowerPoint 2007, anda hanya mendapat fungsi yang bernama Set Transparent Colour. Anda dapat menemukannya di bawah tab Format lalu pilih Recolour. Fungsi ini terbatas dan hanya dapat mengganti satu warna per gambar. Sehingga jika latar belakang memiliki bayangan atau variasi yang tidak dapat anda gunakan. Untuk mengunakannya cukup klik Set Transparent Colour. Hal ini akan mengubah mouse ke kursor yang lain. Lalu klik warna yang ingin anda jadikan transparan. Untuk kembali ke gambar awal, klik Reset Picture pada tab Format.

7.       Sekarang anda mendapatkan gambar wanita berbahu merah. Pindahkan gambar tersebut ke sebelah kiri dan buatlah tempat untuk gambar lain.

8.      




Pada tab Insert, pilih Picture. Pilih dan masukkan file bernama team2.jpg.

9.       Ulangi proses di atas dan hapuskan latar belakang. Ingatlah untuk cek apabila ada bagian yang hilang atau tidak diinginkan.

10.    Potonglah gambar agar tampak lebih kecil. Pilih Crop pada tab Format. Letakkan kursor mouse pada indicator. Ketika posisinya sudah tepat maka kursor akan berubah. Sekarang potong sisi-sisi gambar. Pindahkan gambar ke bagian kanan slide.

Ada cara yang lebih cepat jika latar belakang slide sama dengan latar belakang gambar. Dari pada membuang latar belakang gambar kita kirim gambar tersebut ke belakang sehingga wanita berbaju merah di atas gambar lainnya. Untuk melakukannya pilih gambar tersebut dan pada tab Format, pilih anak panah ke bawah lalu Send Backward dan pilih Send to Back. Untuk membantu kita belajar mengenai presentasi gambar dan gaya mari kita buat slide baru tentang lokasi kantor kita.

1.   Pilih slide Team. Pada tab Home, klik New Slide.

2.   Ketik “Our Office” pada kotak judul.

3.   Masukkan gambar office.jpg.


4.   Mari kita lihar beberapa alat presentasi sederhana yang bagus. Pilih tab Format. Klik pada kotak galeri Picture Styles. Ketika anda menggerakan kursor mouse ke mana pun pada gaya, gambar anda akan otomatis berubah. Hal ini akan memberikan anda gambaran sebelum anda memilih sebuah gaya.

5.   Untuk memastikan bahwa hadirin mengetahui dimana letak kantor kita, mari kita ambil gambar melalui Google map. Buka Google dan pilih Map. Sekarang masukkan alamat dimana pun anda suka. Hal ini kan menunjukkan lokasi. Klok Ikon Window pada taskbar ketikkan snip pada kotak pencari. Klik Snipping Tool. Sekarang gunakan alat tersebut untuk mengambil gambar yang anda mau dengan mengatur ulang besar dari kotak penangkap. Ketika anda selesai simpan file dangan nama map.jpg.

6.   Masukkan map.jpg ke dalam slide. PowerPoint akan meletakkannya ke tengah slide.

7.   Ubah ukuran gambar hingga pas pada pertunjukan dan pindahkan itu ke kiri. Seperti yang dapat anda lihat peta tersebut menutupi gambar kantor kita. Kita akan menggunakan alat presentasi untuk membantu kita mengatur ulang gambar.

8.   Pilih peta. Pada tab Format, pilih Reflected Perspective Right pada Picture Styles.

9.   Pada tab Format pilih Picture effects. Sub menu akan memberikan anda opsi untuk memanipulasi gambar anda dalam berbagai cara. Pilih 3D Rotation. Lalu klik Perspective Contrasting Right. Ganti ukuran peta sehingga terlihat lebih baik pada Slide. Pada Picture Effects pilih Shadow untuk memberikan gabar kita bayangan. Pilih Perspective Diagonal Upper Left. Sekarang kita sudah menyelesaikan memanipulasi peta kita.

10. Pilih gambar office. Pada tab Format, pada picture style gallery pilih Soft Edge Rectangle. Lalu pindahkan gambar tersebut ke sebelah kanan slide.

11. Pada tab Format, di dalam Picture Effects dan 3D Rotation. Pilh Perspective Contrasting Right. Pada Picture Effects pilih Shadow untuk memberikan gambar kita bayangan. Pilih Persepective Diagoanal UpperLeft. Sekarang gambar kantor kita terlihat aneh karena berada di belakang peta mari kita betulkan.

12. Pilih gambar kantor. Lalu pada tab Format, pilih anak panah Bring Forward. Lalu pilih Bring to Front. Sekarang oindahkan gambar ke kanan.


13. Untuk membuat simulasi gambar kantor keluar dari peta kita perlu melakukan pekerjaan. Pada tab Insert, pilih Shapes dan pilih Line. Sekarang gambar garis dari tiap sisi gamabr kita ke satu titik pada peta. Pilih gambar office. Pada tab Format, plih anak panah Bring Forward. Lalu pilih Bring to Front.

14. Jika garis masih belum cukup jelas anda dapat mengganti property dari garis tersebut.

15. Pilih garis tersebut. Jka anda ingin memilih lebih dari satu garis bersamaan tahan shift dan klik pada garis yang lain.

16.




Pada tab Format, pilih Shape Outline. Hal ini akan membuka sub menu. Anda dapat memilih property map yang ingin anda ganti. Pilih Weight. Lalu 3pt. Lalu ulangi dan pilih Dark Red.

 

Untuk membantu kita memahami tentang pengaturan gambar mari kita buat sebuah slide baru untuk area market kita.

1.   Pilih Slide Office kita. Pada tab Home, klik New Slide.

2.   Ketik “Our Market” pada kotak judul. Masukkan market.jpg.

3.   Pada tab Insert, pilih Shapes dan pilih Oval. Masukkan gambar satu lingkaran kecil. Pindahkan ke kira-kira dimana Jakarta berada. Ganti lingkaran sehingga warna berubah merah dan tidak ada garisnya juga dengan bentuk Angel Bevel.

4.   Pada tab Insert, pilih Text Box. Lalu gambarlah text box. Ketikkan Jakarta dan letakkan tulisan di sebelah kiri lingkaran kita. Tulisan akan kurang jelas, jadi kita akan memperjelasnya. Pada tab Format, pilih Shape Fill, lalu pilih More Fill Colours. Hal ini akan membuka jendela. Anda dapat memilih warna baik dari tab amana pun yang disediakan. Mari kita pilih Putih. Sekarang pada bagian bawah terdapat Transparency Bar. Pindahkan ke 50% (atau ketikkan).


5.   Sekarang ganti font tulisan. Pada tab Home klik galeri Font dan pilih Eras Bold ITC.

6.  




Ulangi proses ini untuk Surabaya dan Bali. Anda bisa mempercepat hal ini dengan menyalin dan menempel apa yang sudah anda lakukan.

3.11.   Menarik Perhatian Menggunakan SmartArt

SmartArt adalah alat untuk membantu membuat gambar cepat yang menggambarkan pesan yang ingin anda sampaikan ke pengguna. Hal ini termasuk bentuk untuk hubungan, proses, daftar, dan sebagainya.

1.   Pilih Slide Annual Slides

2.   Pada tab Insert, pilih SmartArt. Lalu “Choose a SmartArt Grapich” jendela akan terbuka. Sekarang pilih Relationship dan kemudian pilih Tabel Hierarchy dan tekan Ok. Anda sekarang dapat melihat bentuk dan sebuah kendela di sebelahnya. Jendela ini akan digunakan untuk memasukkan text anda.

3.   Pada tipe jendela, ketik “Annual Sales Rp”. Lalu pergi ke bawah ke garis berikutnya menggunakan mouse atau tombol anak panah ke bawah. Sekarang ketikkan “Jakarta”. Lalu pergi ke bawah ke garis berikutnya menggunakan mouse atau tombol anak panah ke bawah. Sekarang ketikkan “Rp”. Karena kita tidak perlu dua kotak di bawah Jakarta, setelah anda mengetik “Rp”, tekan delete. Hal ini akan menghapus garis dan bentuk juga akan terhapus secara otomatis.

4.   Pada garis berikutnya ketikkan Surabaya. Setelah itu tekan Enter. Hal ini akan membuat sebuah garis baru dan kotak. Lalutekan tombol tab. Ini akan memindahkan poin di bawah Surabaya.

5.   Pindah ke bawah ke garis berikutnya. Tekan shift dan tab bersama-sama. Ini akan memindahkan garis ke kiri sejajar dengan Surabaya dan sebuah kotak baru akan terbuat.

6.   Ulangi untuk Bali.

Untuk membuat bentuk ini semakin menarik mari kita ganti propertinya.

1.   Pada tab Design, pilih Change Colours. Lalu pilih Colourful Range Accent 5 dan 6.

2.   Pada tab yang sama, bukalah SmartArt Styles Gallery. Pilih 3D Polished.

Salah satu keunggulan SmartArt adalah jika anda memutuskan untuk tidak menyukai property yang sekarang anda dapat menggantinya secara manual melalui tab Format atau tab Home. Cukup perlakukan SmartArt sebagai shape tapi terdapat beberapa keterbatasan. Hal bagus lainnya adalah anda dapat mengganti tipe SmartArt tanpa perlu mengetikkan informasinya lagi. Tetapi ketika mengganti tipe anda harus memikirkan apakah SmartArt itu cocok atau tidak. Untuk melakukannya, pada Tab Design pilih Layouts Gallery. Walau pun tidak cocok anda dapat mencocokkannya sendiri secara langsung.


3.12.   Menunjukkan Angka dengan Bagan

Variasi dari bagan yang tersedia pada PowerPoint mirip dengan yang ditemukan di Excel. Pengguna dapat menciptakan bagan langsung ke PowerPoint atau mereka bisa menyalin dan menempel bagan dari Excel. Cara yang paling efektif untuk menggunakan bagan adalah mengerti tentang apa yang ingin kita tampilkan. Mari kita lihat beberapa data berbeda dan keefektifannya. Kita dapat menggunakan data yang kita kumpulkan dan sebelumnya dimanipulasi.

1.   Pilih Slide Regional Performances.

2.   Pada Tab Insert,pilih Charts. Hal ini kan membuka jendela Insert Chart.

3.   Sekarang pilihlah 3D-Pie. Lalu klik OK. Hal ini akan memasukkan sebuah bagan pai dan juga lembar kerja dengan beberapa parameter secara berdampingna. Sekarang masukkan data kita ke dalam lembar kerja.

4.   Tulis data dalam lembar kerja. Ketikkan Jakarta, Surabaya, Bali pada kolom perama. Lalu pada kolom sales ketikkan secara berurutan 596,225.00, 693,131.25 dan 612,393.75. Di sini ada kelebihan 1 baris. Untuk menghilangkannya kita harus menghapus data. Lalu kita ubah ukuran bagian biru sehingga hanya menyangkup data kita. Bagan pai adalah cara yang hebat untuk menampilkan data singular, data series, dan/atau porsi data/persentase.


Bagan pai kelihatan sangat polos pada saat ini. Kita dapat memanipulasi propertinya sehingga membuatnya menjadi lebih detail dan membuat bagan yang enak dilihat. Ketika anda klik pada bagan, akan muncul 2 tab, design, dan format. Tab design akan berfokus pada efek kosmetik dari bagan. Format tab akan berfokus pada fungsi dasar dari formatting.

Pilih bagan lalu klik pada tab Design. Tab ini berfokus pada aspek desain dari bagan. Ada tiga fungsi utama, Data, Chart Layouts dan Chart Styles. Fungsi data membuat anda dapat memanipulasi data bagan dengan memberikan akses. Chart Layouts memberikan contoh layout untuk dipilih. Chart Style berfokus pada warna dan aspek gaya.

Jika kita ingin tahu persentase yang diberikan tiap daerah kita dapat memilih layout pertama. Pilih Quick layout pada tab Design dan klik Layout 1. PowerPoint akan menghitung persentase dari tiap daerah secara otomatis. Hal ini juga akan menambah label untuk tiap daerah. Menurut bagan ini, Surabaya memiliki kontribusi terbesar. Jika anda tidak suka gaya dari bagan anda dapat menggunakan satu dari gaya yang sudah disiapkan pada Chart Style gallery. Galeri memberikan obsi untuk warna, shading, bayangan, dan warna latar belakang.

1.     Klik Chart. Pada Design tab, klik anak panah ke bawh pada Chart Style. Hal ini akan menuka galeri.

2.     Pilih Style 10. Hal ini akan mengubah sedikit bentuknya dan memberikan bayangan. Cobalah gaya lainnya. Anda dapat memodifikasi komponen individu atau struktur Chart dengan menggunakan tab Layout.


3.     Pilih Chart, lali klik tab Design. Klik pada Add Chart Element. Pada menu ini anda dapat melihat fungsi spesifik untuk memodifikasi struktur dari bagan, judul, judul axis, legenda, label, tabel data, axis, garis dalam, plot area, tembok bagan, lantai bagan. Juga memiliki fungsi untuk melakukan analisa oada tipe bagan tertentu. Kita tidak perlu judul pada bagan ini. Pada menu add Chart Element pilih Chart Title. Lalu pilih None. Hal ini akan menghapus judul bagan. Cara yang lebih cepat adalah dengan klik pada judul dan tekan tombol delete.


4.     Untuk membuatnya lebih indah mari kita beri legenda. Pada menu Add Chart Element pilih Legend. Lalu pilih Show legend at bottom. Data pada bagan pai kelihatan sedikit susah untuk dibaca. Mari kita pindahkan agar lebih ke tengah. Pada menu Add Chart Element pilih Data Labels. Lalu pilih Centre.

5.     Bagan pai 3D juga dapat dimodifikasi. Kita menginginkan Jakarta berada di bawah. Double klik pada chart untuk memunculkan Format Chart Area. Pilih Series “Sales”, lalu klik Series Option.

6.     Pada Angle of first slice, ketikkan 120 atau klik pada anak panah ke atas sampai mencapai 120. Saat anda melakukan ini bagan akan berubah. Pie Explosion digunakan untuk mengatur jarak antara data series. Set sebesar 10%.

7.     Untuk membuat data label menjadi mencolok, mari ganti ukuran tulisan dan warna. Pilih satu dari data label (hal ini akan terpilih secara otimatis, jika anda menginginkan untuk memilih salah satu cukup pilih satu saja, ketika bagan tersebut dipilih klik label yang ingin anda pilih). Lalu pada tab Home, naikkan ukuran font menjadi 24. Klik pada kotak pilihan Font Colour dan pilih putih. Terakhir klik tombol Bold.

8.     Karena kita mempersiapkan laporan ini untuk manajemen, mari kita beri detail spesifik atas performa bulanan dari penjualan atas daerah. Kita dapat melakukannya dengan mengambil bagan yang sudah disiapkan sebelumnya untuk dokumen yang dicetak pada bab sebelumnya.


9.     Bukalah buku kerja (dari bab sebelumnya), temukan lembaran bernama Regional Performance. Pilih judul bagan yaitu “2010 Monthly Sales by Region”. Lalu tekan Ctrl dan C bersamaan. Hal ini akan menyalin bagan.

10.   Salin bagan pada slide berjudul. Monthly Regional Performance. Tekan Ctrl dan V bersamaan dan salin pada bagan. Ubah ukuran bagan sehingga akan terasa lebih pas pada slide.

11.   Klik pada Title dan tingkatkan ukuran font ke 28. Lalu klik legend dan naikkan font ke 18. Slide berfokus pada Partner Performance. Data hanya dapat diilustrasikan oleh bagan pivot yang telah kita buat dari bab sebelumnya.

12.   Buka pada buku kerja (dari bab sebelumnya) dan cari lembaran bernama Regional Performance. Pilih judul bagan “Sales By Region By Partner”. Lalu tekan Ctrl dan C bersamaan. Hal ini akan menyalin bagan.

13.   Salin bagan pada slide berjudul Partner Performance. Tekan Ctrl dan V secara bersamaan untuk menyalin bagan.

14.   Klik pada judul dan tingkatkan font ke 28. Lalu klik legend dan tingkatkan font menjadi 16. Jika anda perlu untuk meningkatkan font X axis sehingga lebih mudah untuk dibaca.

15.   Untuk membantu menginformasikan kepada para hadirin, mari kita tambahkan data label pada bagan ini, Pilih salah satu kolom (hal ini akan memilih semua kolom bersamaan secara otomatis). Pada menu Add Chart Element, pilih Data labels dan pilih Outside End. Hal ini akan meletakkan label pada puncak kolom.

3.13.   Menciptakan Kehebohan dengan Multimedia dan Animasi

Pada pelajaran kali ini anda akan belajar mengenai hal ini:

1.   Medapatkan Emosi dengan Multimedia.

2.   Mendapatkan Fokus dengan Animasi.

3.   Menangkap Perhatian dengan Slide Transition.

4.   Preparasi Slide Show.

5.   Menerbitkan Presentasi.

6.   Mencetak Presentasi.

 PowerPoint memiliki cara yang sederhana tetapi kreatif untuk meningkatkan presentasi anda menggunakan Multimedia dan Animasi. Dengan cara menambah multimedia ke dalam presentasi anda dapat mengubah dari presentasi yang sangat membosankan menjadi presentasi yang dipenuhi tepuk tangan dan pujian. Multimedia merujuk pada penggunaan objek media yang banyak. Pada PowerPoint anda dapat memasukkan film, audio, dan juga objek animasi. Untuk membantu kita menciptakan pembukaan yang hebat untuk presentasi kita mari tambahkan video promosi untuk Microsoft Office.


 

1.     Masukkan Slide baru ke dalam Agenda Slide. Pada tab Home pilih New Slide.

2.     Pada tab Insert pilih Video (Movies for 2007). Hal ini akan membuka jendela Insert Video. Pilih nama file office.wmv dan klik insert. Hal ini akan memasukkan video ke dalam Slide.

3.     Ketika anda memilih video, tab Playback akan muncul. Klik pada tab ini untuk melihat fungsi dan perintah yang tersedia.

Untuk memainkan video secara otomatis ketika anda mencapai slide ini anda harus memastikan bahwa pada area Video Options, Start sudah di set pada Automatically.Jika On-Click yang dipilih, maka video akan hanya dimulai ketika di klik. Pada 2007 tab yang merujuk video sebagai movies. Plus pada 2007 fungsinya sangat terbatas dibandingkan dengan 2016. Anda juga harus memperhatikan bahwa pada 2007 ketika anda mencoba memainkan tidak ada progress bar untuk media. Kita perlu memastikan bahwa kita memiliki performa yang bagus sehingga video harus dimainkan secara full screen. Pada area Video Options, cek kotak Play Full Screen.


Banyak fitur lain yang ada pada tab ini. Fitur yang paling menyolok pada PowerPoint 2016 adalah kemampuan untuk memangkas video pada PowerPoint. Ini adalah jendela sederhana yang mengizinkan pemangkasan sederhana. Pilih Video pada slide. Klik Trim Video pada tab Playback. Hal ini akan membuka jendela Trim Video.

Untuk memangkas video yang perlu anda lakukan hanyalh menggerakan baik semua atau dua (hijau dan merah) penanda. Hal ini nayna mengizinkan anda untuk memangkas awal dan akhir dari video. Jika anda ingin memangkas sebagian kecil bagian tengan dan tidak memiliki piranti lunak anda dapat meletakkan beberapa video sekaligus. Hanya saj aproblemnya adalah ketika berganti files dapat menjadi lambat dan berantakan. Jika anda memangkas video anda, maka video tersebut mungkin tidak memiliki awalan dan akhiran yang baik, anda mungkin mau untuk menambahkan efek pudar di dalam atau di luar saat awalan atau akhiran masing-masing.

Ketika bekerja dengan objek audio video sangat sering kita harus mengulang referensi spesifik pada objek ini. PowerPoint 2016 memberikan kemampuan untuk memberi batas pada garis waktu sehingga pada saat pengulangan anda dapat klik pada bookmark untuk melompat ke poin tertentu dari video. Sehingga membuat presentasi anda padat dan rapi. Ketika video dimainkan, klik tombol Add Bookmark pada tab Playback. Hal ini akan menaruh pon pada timeline. Jika dibutuhkan anda dapat cukupklik poin tersebut untuk memulai video dari titik tersebut. Pada notes section anda dapat membuat referensi sehingga anda tahu poin mana untuk apa. Untuk menghapus bookmark cukup klik Remove Bookmark.

Media lain yang biasanya untuk memperkuat slide adalah Audio atau bunyi. Hal ini dapat dilakukan sebagai lagu latar atau berdasarkan animasi pada slide, objek, atau klik. Biasanya untuk presentasi yang kurang formal atau slide otomatis sebuah lagu dapat dimainkan secara terus menurus. Jika kita ingin memainkan lagu sepanjang presentasi inilah caranya. (Biasanya instrumental)


1.   Pada tab Insert pilih Audio. Maka jendela InsertAudio akan terbuka.

2.   Pilih nama file sound1.mp3 dan lalu klik insert.

3.   Pindahkan icon audio dari pojok kiri bawah slide sehingga membuat slide tersebut tetap jernih. Untuk membuatnya bermain terus-menerus maka kita memerlukan sedikit penyesuaian.

Jika anda memilih automatic pada kotak Start, lagu akan dimainkan secara otomatis ketika slide muncul dan akan berhenti ketika slide berubah. Opsi lainnya adalah On Click. Hal ini berate anda oerlu klik Icon Audio sebelum dimainkan. Opsi ini bagus jika anda memiliki beberapa wawancara atau menunjuk seseorang yang membuat presentasi anda relevan. PowerPoint juga memiliki Audio Trimmer untuk memotong file lagu anda. Cara kerjanya sama dengan Video Trimmer.

3.14.   Mendapatkan Fokus dengan Animasi

Banyak orang terlalu banyak menggunakan animasi atau hanya menggunakan animasi yang sama terus-menerus. Tujuan animasi adalah untuk menangkap perhatian orang pada poin dimana kita berfokus. Jika menggunakan animasi sama pada setiap slide untuk setiap objek, jadi animasinya menjadi membosankan. Sehingga hadirin mulai untuk tidak mendengarkan. Animasi yang diletakkan secara baik dapat membuat fokus hadirin pada satu poin atau memperkuat presentasi kita dan perhatian hadirin. Untuk memulai mari kita lihat pada animasi sederhana yang dapat menyoroti presentasi kita.

1.   Klik pada slide Product Overview.

2.   Mari kita beri animasi pada word Office 2010. Sebelum kita mulai anda harus mengerti konsep dasar dari animasi. Ketika kita menciptakan animasi kita harus menmikirkan timeline dari awal hingga akjir. Lalu kita harus tahu apakah kita akan mulai dengan slide kosong atau slide yang terisi. Selama presentasi apa yang diinginkan oleh audience kita untuk difokuskan dan bagaimana cara menciptakan dampak? Lalu bagaimana transisi kita ke slide berikutnya.

3.   Untuk membantu anda melihat animasi dan timelines yang sudah anda buat saya biasanya menyarankan anda untuk membuka Animation Pane. Pada tab Animations klik Animation Pane. Hal ini akan membuka sebuah panel pada bagian kanan layar. Pada 2007 klik tab animasi lalu klik Custom Animations. Hal ini akan membuka Panel Custom Animation.

4.   Sekarang pilih huruf Office 2010 saja. Ketika anda melakaukan ini fungsi animasi akan menjadi aktif. Sekarang klik anak panah ke bawah Animation untuk membuka galeri. Ada 4 kategori dari Animasi, entrance (pembuka), emohasis (penekanan), exit (keluar)


dan motion paths (jalur gerakan). Pada PowerPoint 2007, hal ini dapat ditemukan pada Panel Custom Animation. Klik Add Effects pada menu.

5.   Ketika anda menggerakan kursor mouse, hal itu akan memberikan anda gambaran dari animasi. Sekaran pilih Fly In. Animasi membuat texr terbang dari bawah. Jika anda menyadari pada animasi panel. Terdapat catatan. Setiap animasi dapat kita modifikasi propertinya untuk memenuhi kebutuhan kita.

6.   Untuk mengganti property dari panel animasi, klik anak panah ke bawah pada kanan dari catatan dan pilih effect options. Hal ini akan membuka jendela Fly In. Seperti yang anda lihat banyak sekali property yang dapat kita modifikasi dari arah, suaram wajtu, dan masih banyak lagi.

 

7.   Mari kita ganti arah menjadi Fly in from the Left. Mari tambahkan pantulan pada akhir. Pindahkan skala Bounce End ke kanan. Untuk dampak mari kita tambahkan suara. Pada Sound Box, pilih Applause.

8.   Text dapat dianimasikan seluruh paragraph, kalimat, atau pun huruf individual. Pada latihan ini mari kita ganti property pada Animation text menjadi by letter. Anda juga dapat menambahkan jeda untuk setiap kata-kata yang keluar.

9.   Pada setiap animasi anda dapat mengganti timing dan waktu/durasi dari animasi. Klik pada tab Timing. Properti pertama mengatur bagaimana animasi dimulai. Opsi yang tersedia adalah On Click (Saat klik), With Previous (dengan sebelumnya) or After Previous (setelah sebelumnya). Saat klik berarti anda perlu klik pada mouse sebelum segelanya dimulai. With previous berarti akan jalan setelah animasi atau aksi terkhir. After previous berarti setelah animasi atau aksi terakhir animasi akan dimulai. Untuk tujuan kita maka kita bisa pilih On Click.

10. Properti delay (jeda) digunakan untuk menagatur jeda respon untuk animasi. Sebagai contoh, setelah anda klik, berapa lama yang anda inginkan sebelum sesuatu terjadi. Kita dapat tinggalkan ke nol.

11. Animasi kelihatan berjalan terlalu cepat. Properti berikutnya yang digunakan adalah mengganti waktu atau durasi dari animasi. Mari kita atur ke medium.

12. Karena kita akan memastikan bahwa hadirin kita tahu dan memperhatikan bahwa produk yang dijual adalah office 2010 kita perlu memberi animasi pada gambar dan menciptkan penekanan yang berulang pada text Office 2010.

13. Pilih gambar Office 2010. Lalu pada galeri pilih Bounce. Tidak ada perubahan yang diperlukan. Pada tab timing dari bounce, ganti start menjadi With Previous dan beri jeda 2 detik.


14. Sekarang untuk keseluruhan text mari gunakan animasi dly in sederhana tanpa modifikasi. Tapi buatlah animasi menjadi line by line. Pilih sisa text yang ada pada slide.

15. Lalu pilih Fly In pada galeri. Sekarang anda dapat melihat semua animasi yang ada pada panel animasi. Tapi jika anda menjalankan preview, anda dapat melihat semua text keluar bersamaan. Untuk memecahkan masalah ini ada setiap animasi ganti Start ke On Click. Jadi ketika kita menampilkannya kita dapat klik mouse untuk mengaktifkan animasi dan fokus pada poin tersebut. Pada slide anda juga akan menyadari bahwa ada angka di sebelah tiap objek. Anga ini menunjukan urutan pada siklus animasi atau time line.

16.




Sebelum kita bergerak ke slide berikutnya mari kita tekankan pada text Office 2010 ketika kita presentasi. Hal ini akan mengembalikan fokus pada text Office 2010.

17. Pilih text Office 2010. Lalu pada tab Animation pilih tombol Add Animation. Hal ini akan membuka galeri lain dimana anda bisa memilih Wave pada bagian penakanan. Ketika anda sudah selesai animasi kita akan ditaruh di bagian terakhir.

18. Animasi harus berjalan setelah animasi gambar. Pilih animasi dari panel Animation dan geser ke atas di bawah Picture 4 atau gunakan tombol Re-Order Arrow untuk naik ke atas.

19. Selanjutnya kita perlu mengganti timing. Klik anak panah ke bawah dan pilih Effect Options. Pada tabel timing, ganti Start ke After Previous. Ganti Duration menjadi Medium dan Repeat menhadi Until End of Slide. Hal ini akan membuat animasi berjalan setelah gambar kita berhenti dan akan terus berjalan sampai slide kita berganti.

20. Mari kita lihat untuk animasi objek lain seperti bagan. Pada slide Regional Performance kita berencana untuk membuat penekanan yang kuat bahwa Jakarta memiliki performa yang sangat buruk. Pilih slide Regional Performance.

21. Pilih bagan. Pada Animation dan galeri pilih straight motion path (jalur gerak). Jalur gerak secara default mengarah ke bawah. Sekarang menggunakan mouse klik dan tahan pada titik merah. Lalu gerakkan ke kanan. Hal ini akan membuat bagan bergerak ke kanan.

22. Pada tab Insert, pilih gambar dengan nama focus.png. Lalu hapus latar belakang putihnya menggunakan Remove Background pada tab format.

23. Sekarang letakkan gambar ke kanan tapi tidak di dalam slide. Pilih objek dan pada animasi pilih custom motion path. Gambarkan custom path seperti yang anda inginkan. Pastikan bahwa kaca pembasar di atas Jakarta setelah animasi. Jika anda membuatnya bergelombang itu membuat seolah-olah karakter anda bergerak.

24. Sekarang kita tambahkan animasi lain pada karakter. Kita ingin meningkatkan ukuran sampai 250% setelah selesai bergerak. Tambahkan Animasi Grow pada gambar. Ganti property With Previous, Medium Speed dan Size 250%.

25. Langkah terakhir adalah kita menambahkan text box. Pada tab Insert pilih Text box. Letakkan text box dikiri slide di atas gambar kita. Ketikkan “Jakarta has the biggest Potential But the worst Performance”. Lalu tambahkan straight motion path ke kiri. Stur property menjadi After previous dan Medium Speed.

26. Pada slide berikutnya kita akan memberi animasi pada bagan dimana akan membantu kita menekankan pada performa pada tiap set data. Menggunakan slide Monthly Regional kita akan memberi animasi pada bagan kolom. Pilih bagan kolom. Lalu pilih animasi Fly In.


27. Pada panel animasi, klik dua kali pada catatan. Hal ini akan membuka jendela Fly In. Pada tab Chart Animation ganti pengaturan Group Chart menjadi By Series. Hal ini akan membuat kolom pada tiap seri animasi menjadi grup. Jika anda memilih Element pada Series maka tiap kolom akan memiliki animasi terpisah. Jadi kita ingin memberikan penjelasan tiap bulan pada setiap seri ini adalah opsinya. Jika anda memiiih By category, hal ini akan menampilkan data secara bulanan/kategori. Hal ini untuk menerangkan hasil dari tiap bulan. Dimana By Element pada Categori animasi akan dijalankan tiap seri dari kategori tersebut. Sehingga, menjelaskan hasil per bulan dari tiap seri.

3.15.   Mendapatkan Perhatian dengan Slide Transition

Slide transition (Transisi Slide) secara dasar adalah fungsi untuk menganimasi bagaimana slide berubah. Perubahan dari satu slide ke slide lain adalah cara yang hebat untuk mendapatkan perhatian lagi. Tetapi melakukannya secara terus-terusan juga menyebabkan kebosanan. Tetap gunakan grafik sederhana (atau tanpa animasi) untuk slide normal dan letakkan transisi animasi pada slide yang ingin kita fokuskan. Pada PowerPoint 2007, hal ini ditemukan pada tab animasi. Sedangkan pada 2016 mereka membuatkan tab baru untuk ini.

Slide Transition tidak memiliki banyak property. Properti utama adalah animasi dan atributnya seperti sound, duration, dan timing. Mari kita tambahkan sebagian Slide Transitions pada presentasi kita.


1.   Pilih Slide Agenda. Biasanya anda tidak akan menambahkan slide transition pada judul karena sebelum anda mulai presenasi sudah tayang. Pada tab Transition bukalah Transition to this Slide Gallery.

2.   Pilih animasi Shred. Hal ini akan mencacah slide ketika berpindah ke slide lain. Animasi ini mempunyai empat opsi berbeda. Opsi ini dapat ditemukan pda tab di bawah Effect Options. Ketika anda klik pada fungsi sebuah kotak pilihan akan muncul dengan opsi. Pilih Particles In.

3.   Atribut di kanan membuat anda dapat menambah suara dan memodifikasi durasi dari animasi. Jika anda ingin animasi menjadi lebih cepat kurangi waktu durasi. Fungsi Apply to All akan emnambahkan slide transition ke suma slide.

4.   Advance Slide merujuk pada bagaimana cara anda berpindah slide. Ada dua opsi yaitu on mouse click (saat klik) atau by time (berjalannya waktu).By time biasanya digunakan untuk memproduksi presentasi auto play/shows. Ulangi proses untuk slide yang lain.

3.16.   Persiapan Slide Show

Sebelum kita mulai untuk mengantarkan presentasi kita harus memikirkan beberapa kondisi. Kondisi pertama adalah bagaimana cata kita mempresentasikan kepada hadirin. Apakah menggunakan Laptop, LED TV, Proyektor LCD atau beberapa sekaligus. Keda apakah kita akan menggunakan presenter view atau tidak?

Presenter view (ditunjukan di bawah) adalah tampilan special yang menunjukkan presentasi pada satu layar dan tampilan yang lain adalah slides notes. Pada tampilan ini presenter dapat membuat tambahan catatan atau tanda menggunakan pen tool. Ketika mengaktifkan fungai ini, pastikan untuk mengatur presentasi agar menyala pada alat kedua seperti monitor atau proyektor. Biasanya anda mendapatkan presented ciew pada laptop atau pc. Pada 2007 tidak ada fungsi broadcast.

1.     Presenter View on Laptop/PC


2.    




Projector/Screen View




                Untuk menyalakan slide show cukup pilih kedua tombol ini. Anda juga dapat menyiarkan slide show anda melalui internet. Tetapi siaran ini tidak mendukung banyak animasi atau suara. Biasanya jika ada ingin menyiarkan slide anda dan melakukan presentasi anda bisa gunakan Live Messenger (video conference) bersamaan. Jika anda menggunakan slide untuk banyak presentasi dan tiap kali berbeda anda dapat membuat custom slide show. Tetapi slide tidak dimodifikasi pada tiap presentasi dan hanya urutannya yang dimodifikasi.

Jika anda ingin membuat pertunjukan dilengkapi dengan suara anda anda dapat menggunakan fungsi Record Slide Show. Sambil bicara anda dapat menjalankan slide dan PowerPoint akan merekam anda dan aktivitas presentasi. Dimana anda dapat membuat sebuah pertunjukan atau film. Jika andamengirimkan file pptx anda ketika mereka menjalankan slide mereka dapat mendengar suara anda.

3.17.   Menyiarkan Presentasi

Ada banyak cara untuk menerbitkan presentasi. Cara paling utama dan sering adalah menyimpan dalam format PowerPoint. Hal ini mudah dicapai menggunakan fungsi Save/Sace As pada tab File.


Save As membuat anda dapat menyimpan dile ke dalam berbagai bentuk format. Mari kita lihat dua format yang paling umum, pdf dan jpg.

1.   Ganti nama file menjadi save1. Lalu pada Save as type pilih PDF.

2.   Di bawah ada tombol Option. Klik untuk membuka jendela Option. Ketika anda menyimpan dalam bentuk PDF anda memiliki banyak pilihan. Anda dapat menyimpan setiap slide sebagai halaman atau pada format hand-out di mana terdapat banyak slide pada satu halaman.

3.   Ganti “Publish What” ke Handout. Ketika anda sudah melakukan ini opsi untuk memilih berapa banyak slide per halaman akan tersedia. Tinggalkan pada 6 Slides per pafe. Jika anda memilih tiga slides per page maka sebuah bagian catatan akan muncul pada bagian kiti dari slides. Tempat ini adalah untuk para hadirin membuat catatn. Klok pada opsi yang lain jika anda ingin untuk memasukkan slide tersembunyi atau komentar. Lalu klik Ok

4.   Jika anda menerbitkan secara online, anda dapat memilih minimum size option pada bawah sehingga jika file dibuat maka akan dibuat dengan ukuran paling kecil yang tersedia pada PowerPoint. Ketika sidah siap tekan Save. Ketika sudah lengkap PDF akan terbuka untuk anda periksa.


3.18.   Menyimpan dalam format JPG

1.   Ganti nama file. Lalu pada Save as Type pilih JPG.

2.   Ketika anda sudah siap tekan Save. Hal ini kan menyimpan slide ke dalam satu folder bernama save1. Dimana pada setiap slide akan dibuat menjadi file gambar.

Jika anda sudah merekam presentasi dengan suara, anda data membuat jumlah dari file yang dapat dimainkan termasuk film.Semua ini adalah langkah untuk menyiarkan dalam bentuk film. Hanya tersedia pada Office 2016.

1.     Pada tab File pilih Export.

2.     Pada pilihan pilihlah Create a Video. Di sebelah kanan akan menampilkan informasi tentang generasi video dan opsi. Anda dapat memilih tipe dari video yang akan ditampilkan dan apakah menggunakan timing yang sudah disiapkan dan narasi. Buatlah pilihan anda lalu tekan Create Video. Tambahkan nama file dan tekan save.

Sekarang jika anda berencana untuk membagikan presentasi anda ke orang lain anda juga perlu mengirimkan file atau objek yang anda gunakan pada presentasi. PowerPoint membuat hidup menjadi lebih mudah dengan memberikan anda proses satu klik. Anda dapat memasukkannya ke dalam CD atau buat folder dulu baru burn ke dalam CD.

3.19.   Mencetak Presentasi

Ada berbagai cara untuk menyiapkan untuk mencetak presentasi. Cara yang paling umum adalah mencetak secara langsung dari PowerPoint. Tetapi pada PowerPoint 2016, anda dapat membuat presentasi/handout pada word sebelum dicetak jika anda ingin untuk


menambahkan catatan atau komentar. Mari cetak handout dari presentasi kita.

1.     Pada tab File, pilih Print. Seperti yang anda dapat lihat pada sisi kanan anda ada sebuah print preview presentasi anda.

2.     Langkah pertama adalah memilih printer anda. Hal ini dilakukan pada Kotak Pilihan Printer. Pilih printer dengan klik padanya. Jika printer hanya mencetak hitam-putih print preview akan otomatis menunukkan hasil hitam putih.

3.     Selanjutnya pilih slide mana yang akan dicetak. Lalu pilih Print Slide Layout. Sebuah galeri akan terbuka untuk anda pilih. Jika anda tidak yakin cukup klik pada satu yang anda piker cocok dan akan disajikan langsung pada sisi kanan layar anda. Ketika siap klik tombol Print.

4.     Pada PowerPoint 2007, jika anda ingin melihat pratinjau, pilihlah Print Preview. Hal ini akan membuka sebuah jendela preview. Jika anda ingin mencetak pilihlah Print. Hal ini kan membuka jendela Print. Fungsi ini hanya tersedia dengan cara klik logo Office.

5.     Opsi lain untuk mencetak adalah membuat handout pada word. Opsi ini membuat kita dapat membuat handout unik dengan modifikasi atau format yang dibutuhkan. Pada tab File pilih Export.

6.     Pada pilihan pilihlah Create a Handout. Klik tombol Create a Handout. Hal ini akan membuka jendela Send to Mcrosoft Word.

7.     Anda dapat memilih bervariasi opsi. Pilihlah Blank Lines Next to Slides. Layout ini sama seperti yang kita kitim langsung dari PowerPoint dan pilihlah tiga slide per halaman. Ketika anda klik OK. Sebuah dokumen word akan terbuat. Rapikan lalu cetak dokumen tersebut.

 


TUGAS

Buatlah presentasi (tema menggunakan master slide) berjumlah minimal delapan slides tentang deskripsi diri masing-masing, menggunakan gambar yang sesuai, efek themes berbeda, efek transisi, efek animasi, serta efek suara (menjadi nilai tambah)

ü Master Slide

ü Themes


ü Transisi

ü Animasi


ü Suara


PENUTUP

1.   Kesimpulan

Setelah melaksanakan kegiatan praktikum Pengantar Teknologi Informasi pada pokok bahasan Panajemen Presentasi Dokumen dengan PowerPoint , maka dapat diambil kesimpulan:

Microsoft PowerPoint menyediakan tampilan untuk membantu kita mempresentasikan sesuatu, hal ini sangatlah membantu kita menyampaikan ide kepada audiens agar memahami apa yang kita maksudkan, terlebih lagi Microsoft PowerPoint dapat diisikan berbagai macam media mulai dari, gambar, video, gif, music, dll.

 

2.   Saran

Adapun saran untuk praktikum kali ini adalah:

a.   Saya harap tugas dan modul praktikum dapat di berikan ke mahasiswa dengan lebih tepat waktu sehingga pengerjaan laporan bisa lebih optimal.


DAFTAR PUSTAKA

ü  MODUL PRAKTIKUM PTI 03 - Manajemen Presentasi Dokumen Dengan PowerPoint

ü  https://www.nesabamedia.com/pengertian-microsoft-powerpoint/

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan materi artikel dalam blog ini, Terimakasih

Prospek pekerjaan menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber Youtuber merupakan istilah kepada orang yang menyajikan konten berupa video pada platform Youtube . Banyak format video ya...